Imlek Identik Warna Merah Sebagai Tanda Harapan Baru

Imlek Identik Warna Merah Sebagai Tanda Harapan Baru

Sam Traveler – Dengan Imlek 2020 sudah di depan mata, kamu pernah penasaran kenapa Imlek Identik Warna Merah atau warna cerah lain? Ini berkaitan dengan pengharapan.

Di Indonesia, Tahun Baru Imlek 2020 jatuh pada akhir pekan ini tepatnya di hari Sabtu (25/1/2020). Nah, nuansa merah ala Chinese New Year sendiri sudah bermunculan sejak beberapa waktu terakhir.

Kenapa Imlek Identik Warna Merah? Sebelum itu, seperti dilansir ChinaHighlights.com, patut diketahui pula bahwa sebenarnya ada pula keyakinan bahwa momen ini mesti ditandai dengan baju baru, yang menjadi simbol awal dan harapan baru.

“Orang China percaya bahwa Tahun Baru sudah menjadi standar untuk sepanjang tahun, jadi semua orang berusaha untuk berbusana dengan seapik mungkin.”

  Bandara Adisutjipto Memeriahkan Imlek dengan Barongsai dan Liong

Balik ke urusan warna, merah adalah warna keberuntungan di China. Merah diyakini menghalau energi jahat yang membawa peruntungan buruk. Itu mengapa tradisi Imlek dan rangkaian aktivitas di dalamnya lazim memakai pernak-pernik serba merah atau warna mencolok lainnya saat Imlek.

Sedangkan warna putih, yang disebut sebagai simbolisasi dari rasa berkabung dan kematian, bukanlah pilihan tepat. “Orang China mengenakan warna putih pada saat pemakaman.”

  Ratusan Turis China yang Masih Ada di Solo Akan Pulang Besok

Dipaparkan lebih lanjut, orang China percaya paling tidak ada tiga warna yang paling membawa keberuntungan. Masing-masing juga memiliki simbolisasinya masing-masing, yakni:

Merah – Kebahagiaan, kesuksesan, dan keberuntungan

Kuning – Simbolisasi dari bangsawan dan kekuasaan

Hijau – Uang dan kesehatan (dtk).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *