Kuliner Malam di Jogja Yang Wajib Kamu Coba

Kuliner Malam di Jogja Yang Wajib Kamu Coba - Sam traveler

Sam Traveler – Saat kamu sedang berlibur di jogja jangan lupa untuk Kuliner Malam di Jogja yang kami rekomendasikan berikut ini yah, karena selain harganya yang terjangkau rasanya juga enak, cocok untuk menemani traveling kamu di kota pelajar ini.

Saat sore datang, kawasan Alun-alun Kidul mulai bertambah ramai dengan hiruk-pikuk pengunjung. Banyak yang ingin menikmati sunset, mencoba berjalan menyeberangi beringin, bersepeda berkeliling, atau hanya sekedar foto-foto asyik bersama teman. Namun ada satu hal yang sering kami lakukan saat berkunjung ke Alun-alun Kidul, yaitu mencari kuliner. Saat sore menuju malam banyak sekali kuliner-kuliner unik, enak, murah mulai muncul di sini.



1. Es Goreng Pak Gatot

Jajan yang paling kami rekomendasikan untuk kalian beli adalah Es Goreng Pak Gatot, es ini otentik banget dengan Alun-alun Kidul. Khasnya adalah dengan cara memanggil melalu speaker yang di lontarkan suara suara lucu secara langsung melalu microphone-nya. Kata hei ledis dan doa di berikan kepada setiap pelanggan yang beli es di sini
Mungkin kalian bingung, kan es, kenapa harus digoreng? Apa enggak leleh nantinya? Jadi es goreng ini adalah es potong yang memiliki beberapa pilihan aneka rasa, biasanya ada cokelat, kacang hijau, dan stroberi. Kemudian kalian bisa request ingin seberapa panjang, bisa mini atau pun jumbo. Es yang sudah dipotong ditusuk dengan sebilah bambu kemudian dicelupkan ke adonan cokelat panas yang setelah diangkat akan menempel di es potongnya. Rasanya manis, segar, dan penuh banyak kenangan.

2. Aneka sosis, tempura, dan nugget

Aneka jajanan frozen food yang kemudian digoreng ini biasanya mudah dijumpai di sekolah dasar. Namun kalau kalian kangen banget sama jajanan ini biar dibeli di Alun-alun Kidul. Variannya banyak banget, ada sosis biasa, sosis bintang laut, tempura, nugget, kako naga. Totalnya kurang lebih ada 20 jenis, yang kami sendiri mungkin ada yang tidak tahu namanya haha.

Harganya ada dua jenis, kamu bisa beli paketan Rp 5000 isi 6 atau Rp 10000 isi 8. Kemudian bebas memilih ingin yang mana. Tunggu prosesnya untuk digoreng, kemudian ingin ditambahkan kecap, saus, atau sambal. Dimakan sambil menikmati hiruk-pikuk suasana Alun-alun Kidul Yogyakarta.

3. Wedang ronde



Yogyakarta sudah mulai memasuki musim penghujan, walau masih belum tiap hari hujan. Tetapi hawa anginnya itu terkadang sudah mulai dingin. Ada satu jajanan penghangat badan yang selalu menjadi kesukaan kamim nih. Wedang ronde, yang sebenarnya ada banyak di mana-mana juga.

Tetapi karena sedang ada di Alun-alun Kidul. Kurang lengkap rasanya kalau tidak mencicipinya sekalian. Komposisi dari wedang ronde sendiri itu adah wedang jahe, kacang tanah, potong roti tawar, kolang kaling dan ronde itunya sendiri. Harganya biasanya mulai dari Rp 8.000 untuk setiap porsi. Badan hangat, aktivitas main pun bisa dilanjut dengan lebih seru nantinya.

4. Bakso tusuk prasmanan

Cukup banyak yang berjualan bakso tusuk di Alun-alun Kidul. Namun yang menjadi kesukaan kami ada 2 nih. Pertama, Bakso Tusuk Selera Anda, bakso tusuk di sini itu enak banget rasanya. Teksturnya dapat, ada banyak pilihan baksonya mulai dari bakso sedang, mini krikil, jumbo isi telur. Bisa tambah kuah layaknya bakso pada umumnya. Penjualnya juga ramah, dan kalau saking ramainya akhirnya para pembeli saling mengambil baksonya secara prasmanan.

Kedua, Bakso Tusuk Aneka Rasa, bakso tusuk yang dulu hanya jualan di Kampung Ramadhan Jogokariyan. Akhirnya berjualan secara reguler. Harganya murah banget dong, mulai Rp 500 saja. Tentunya ada banyak banget varian rasanya, ada yang rasa mercon hingga sayuran.

5. Makciklor

Makcilor ini adalah gabungan dari makanan makaroni telor dan aci telor. Biasanya dijual terpisah dan digoreng masing-masing dengan cetakan tersendiri. Namun kali ini disatukan dalam satu wajan penggorengan. Mungkin supaya lebih efisiensi, karena ujung-ujungnya nanti diaduk-aduk juga dalam gelas plastik.

Pilihan rasanya juga cukup banyak, ada balado, barbeque, jagung manis, saus kecap, pedas gurih, bumbu kacang, original, dan keju. Buka biasanya dari siang hari jam 2 hingga paling malam jam 6 sore saja, karena peminatnya banyak dan micinannya juga lebih #nakdek.

6. Juice Segar

Pelepas dahaga setelah berkeliling berkulilneran di Alun-alun Kidul, Saatnya untuk mencari yang segar-segar untuk diminum. Ada satu yang menarik perhatian kami, buser juice. Menjual aneka minuman segar, ada minuman juice aneka buah lalu ada cappucino cincau juga. kami sih merekomendasikan jusnya kalau ke sini, kental dan segar. Semua daftar harga terlampir dengan jelas, jadi tidak ada harga tembakan dan yang jual ramah sekali.



7. Kue Lekker

Jajan yang buka dari pagi hingga malam di Alun Alun Kidul, ada kue lekker. Sekilas memang tidak ada bedanya dengan lekker yang lain. Namun mereka punya lekker murah meriah dengan harga Rp 1.000 saja dengan isi cokelat gula. Lalu ada juga yang ukurannya super jumbo, mulai dari harga Rp 7.000 dengan isian yang sama, coklat dan gula. Tekstur dari kue lekkernya sih garing parah, krispi kreskres gitu. Jajan kue lekker gini jadi bikin teringat masa-masa jama sekolah.

8. Jagung bakar, mi instan, dan roti bakar

Jajanam klasik yang terkadang tidak terlalu dilirik karena merupakan makan berat. Ada jagung bakar, roti bakar, dan mi instan. Biasanya dapat ditemukan di sisi timur Alun-alun Kidul. Mereka jualan berjejer dengan penjual sejenisnya. Jadi kalian cukup memilih secara random saja.

Menurut kami rasanya hampir mirip-mirip saja. Mungkin yang akan membedakan adalah pelayanan yang ramah atau judes. Lalu pastikan juga harga makanan yang akan kamu beli didapat menu yang mereka tawarkan. Rekomendasi dari kami adalah tiga makanan itu, ada jagung bakar, mi instan rebus, dan roti bakar

Semoga infomasi mengenai tempat kuliner Malam di Jogja khususnya di alun-lun kidul jogjakarta ini bisa membantu yah, Terimakasih


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: