Lawang Sewu Bangunan Ikonik di Kota Semarang

Lawang Sewu Bangunan Ikonik di Kota Semarang

Sam Traveler – Lawang sewu adalah bangunan ikonik yang menjadi kebanggaan kota Semarang. Ada ilmu sejarah di sana, yakni perkembangan kereta api di Indonesia.

Pada zaman penjajahan Belanda, gedung lawang sewu dipergunakan sebagai kantor Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS), perusahaan swasta Belanda yang mengoperasikan kereta api di Hindia Belanda.

Hingga hari ini berbagai peninggalan sejarah kereta api yang dipergunakan pada jaman dahulu, bisa kita temukan di Lawang Sewu.

Walaupun koleksi nya tidak sebanyak museum kereta api Ambarawa, namun jika traveler belum memiliki kesempatan ke Ambarawa, bisa menjadikan Lawang Sewu sebagai pilihan untuk mencari referensi sejarah kereta api di Indonesia.

Di lantai 1 dari Lawang Sewu terdapat semacam museum yang menampilkan berbagai koleksi dunia kereta api pada jaman dahulu. Mulai dari layar interaktif, aneka foto kuno dan bantalan rel bisa kita temukan hingga kini.

  Raja dan Ratu Belanda Kunjungi Yogyakarta Setelah 25 Tahun

Bahkan tuas untuk memindahkan wesel bisa kita temukan hingga saat ini. Wesel sendiri merupakan konstruksi rel kereta api yang bercabang, untuk memindahkan jalur lintasan kereta api.

Di lawang sewu juga terdapat replika dari stasiun ambarawa, dan terdapat sebuah gerbong kereta kuno di bagian halamamnya.

Saat berada di lawang sewu tidak perlu kuatir ya taveler, saat ini Lawang Sewu sudah sangat jauh dari kesan angker, dan pasti kamu akan terpesona dengan kemegahan bangunannya dan aneka koleksi benda bersejarah di tempat ini.

Tinggalkan Balasan