Puasa Bulan Dzulhijjah: Jadwal dan Niat Puasanya

Puasa Bulan Dzulhijjah - Jadwal dan Niat Puasanya

Sam Traveler – Selamat datang bulan agustus 2019 dan bulan haji atau bulan dzulhijjah, dimana banyak yang melaksanakan puasa bulan dzulhijjah untuk mengganti yang tidak bisa melaksanakan ibadah haji di mekkah dan madinah.

Berikut jadwal dan niat puasa bulan dzulhijjah yang sam traveler kutip dari berbagai sumber di internet:

Jadwal Puasa Arafah Tahun 2019 jatuh pada tanggal 10 Agustus, atau bertepatan dengan 9 Dzulhijjah 1440 Hijriah jadi sebelum lebaran haji kita harus berpuasa dulu sampai datang waktu magrib yang menandakan kemenangan untuk berpuasa.

Untuk niat puasanya adalah sebagai berikut:

“Nawaitu shouma ‘arofah sunnata lillaahi ta’ala.”

Artinya: Saya niat puasa Arafah, sunnah karena Allah ta’ala.

Puasa, baik itu yang hukumnya sunah ataupun wajib, adalah menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari, dengan syarat tertentu.

Makan dan minum memang dapat membatalkan puasa, tetapi bila seseorang tanpa sengaja melakukannya, maka itu tak membatalkan puasanya

Tapi jangan sampai lalai dan pura-pura lupa karena bisa jadi dengan berpuasa hari Tarwiyah dan puasa hari Arafah kita akan mendapatkan manfaat yang lebih baik dari yang sedang melaksanakan ibadah haji. Amin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: