Tahun Baru Imlek Dilarang Keramas Atau Cuci Rambut

Tahun Baru Imlek Dilarang Keramas Atau Cuci Rambut

Sam Traveler – Menurut tradisi, ada sejumlah hal yang tabu untuk dilakukan ketika Tahun Baru Imlek. Salah satunya adalah larangan untuk keramas alias cuci rambut.

Melansir CNN.com, Saat Tahun Baru Imlek aktivitas keramas adalah salah hal yang tabu untuk dilakukan pada saat Imlek, secara khusus pada hari pertama Tahun Baru China. Dalam aksara China, karakter ‘rambut’ sama dengan karakter pertama fa dalam kata facai yang bisa dimaknai ‘kemakmuran’.

  Gala Tahun Baru Imlek di China Meriah Dengan Pesta Audiovisual

“Artinya, keramas atau potong rambut lazim dianggap melunturkan peruntungan dan besar-besaran mengurangi kesempatan meraih kesejahteraan setahun ke depan.”

Bahkan, masih merujuk ke CNN.com, kalangan yang lebih tradisional juga menganggap bahwa mandi pun merupakan hal tabu pada hari pertama Tahun Baru dengan alasan serupa.

Hal serupa disebutkan dalam artikel di ChinaHighlights.com. Tak cuma keramas yang tabu untuk dilakukan saat  Imlek, tapi juga cuci baju.

  Wisata Kuliner Imlek pada Akhir Pekan di Jakarta

“Orang-orang tidak mencuci baju di hari pertama dan kedua (Imlek) karena dua hari ini dirayakan sebagai kelahiran Shuishen (Dewa Air),” sebut artikel itu. (dtk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *