Home Destinasi Tempat Wisata di Gorontalo untuk Liburan akhir pekan bersama keluarga

Tempat Wisata di Gorontalo untuk Liburan akhir pekan bersama keluarga

Tempat Wisata di Gorontalo untuk Liburan akhir pekan bersama keluarga
Tempat Wisata di Gorontalo untuk Liburan akhir pekan bersama keluarga

Sam Traveler – Ada banyak Tempat Wisata di Gorontalo untuk Liburan akhir pekan bersama keluarga yang belum banyak diketahui secara luas.

Kota Gorontalo merupakan Ibu Kota Provinsi Gorontalo yang terletak di bagian utara Pulau Sulawesi.

Agar dapat menikmati wisata di Gorontalo dengan lebih leluasa, pastikan terlebih dahulu untuk merencanakan waktu liburan dengan teliti. Mengambil cuti jelang long weekend atau berdekatan hari libur nasional bisa menjadi salah satu opsi.

Bagi para pecinta tempat bersejarah, Gorontalo menawarkan sejumlah lokasi, seperti Benteng Otanaha dan Monumen Nani Wartabone. Sedangkan wisata alam yang bisa dipilih antara lain Pantai Tangga 2000 dan Pantai Tamendao.

Berikut informasi mengenai Tempat Wisata di Gorontalo untuk Liburan akhir pekan bersama keluarga.

1. Benteng Otanaha

Benteng Otanaha terletak di Jalan Usman Isa, Dembe I, Kota Baru, Kota Gorontalo. Ini merupakan salah satu bangunan peninggalan era penjajahan Portugis di Gorontalo.

Jika Anda menempuh rute perjalanan ke Otanaha dari Goronalo, cukup lakukan perjalanan ke arah Danau Limboto. Benteng Otanaha buka setiap hari, dari pukul 08.00 hingga 18.00 WIB.

  Rekomendasi Tempat Wisata Untuk Liburan Natal dan Tahun Baru Bersama Keluarga

Benteng Otanaha memiliki karakteristik istimewa jika dibandingkan benteng pada umumnya.

Jika kebanyakan benteng dibangun di pinggir pantai atau dataran rendah pusat kota, maka Benteng Otanaha berada di atas bukit.

Jika Anda berkesempatan mengunjungi Benteng Otonaha, sempatkan naik ke puncaknya untuk menikmati pemandangan yang indah.

Selain menawarkan view yang bagus, Benteng Otanaha juga menjadi rumah bagi berbagai jenis burung, seperti: Kehicap Ranting, Cucak Kutilang, dan Raja Udang. Kawanan burung tersebut banyak ditemui di pepohonan sekitar benteng.

Lokasi sekitar Benteng Otanaha juga digunakan sebagai area trekking. Area trekking ini berbentuk anak tangga sejumlah 351 buah, dan disetiap titiknya terdapat tempat beristirahat.

2. Taman Wisata Tangga 2000

Taman Wisata Tangga 2000 terletak di Pohe, Hulonthalangi, Gorontalo. Tempat wisata ini terletak sangat strategis, lantaran berdekatan dengan pusat kota.
Karena lokasinya itulah, Wisata Tangga 2000 menjadi cukup mudah dijangkau para wisatawan yang singgah di Gorontalo.

Ini bukan destinasi wisata dengan anak tangga berjumlah 2000, karena ternyata angka 2000 diambil dari tahun peresmiannya. Obyek wisata ini merupakan sebuah bangunan anak tangga yang pembuatannya tersusun rapi dengan bahan material beton.

  Tempat Wisata di Jakarta Yang Instagramable Untuk Liburan Bersama Keluarga

Lokasinya berada di tebing Pantai Pohe, dan mampu menarik minat wisatawan asing maupun domestik. Lokasi wisata ini menawarkan panorama tebing, berpadu dengan deburan ombak dan sunset yang indah.

3. Monumen Nani Wartabone

Monumen Nani Wartabone terletak di Lapangan Taruna Remaja, Nol Kilometer, Kota Gorontalo. Monumen ini dibangun sejak tahun 1987 oleh Walikota Gorontalo ke-5 Drs. A. Nadjamudin.

Bangunan ini ditujukan untuk menghormati jasa para Pahlawan Nasional sekaligus perintis kemerdekaan.

Nani Wartabone merupakan seorang Prokolamator Kemerdekaan Indonesia di Gorontalo pada 23 Januari 1942, atau sekira 3 tahun sebelum Indonesia menyatakan kemerdekaannya.

Gorontalo menjadi salah satu wilayah paling awal yang berhasil memerdekakan diri.

Monumen Nani Wartabone memiliki fungsi sebagai alun-alun kota Gorontalo, serta sebagai Ruang Terbuka Hijau. Kini monumen tersebut kian cantik dengan tambahan dipajangnya 2 alat utama sistem pertahanan atau alusista milik TNI Angkatan Darat, yakni 1 unit tank jeni FV601 Saladin, dan 1 unit panser jenis AMX-13 APC.

  Tempat Wisata di Yogyakarta yang Lagi Viral Untuk Liburan Keluarga

3. Planet Waterboom

Obyek wisata Planet Waterboom ini bisa menjadi salah satu pilihan lokasi wisata di Gorontalo. Planet Waterboom merupakan tempat pemandian dengan berbagai wahana hiburan, seperti: choppy water pool, jetted tub, pond water falls, waterfall, dan water pool launcher.

Planet Waterboom terletak di Business Center Jalan Jendral Sudirman Kota Gorontalo. Selain wahana air, di sini juga terdapat olahraga bilyard, serta area parkir yang luas dengan dikelilingi toko penjual makanan dan minuman khas Gorontalo.

4. Pantai Tamendao

Pantai Tamendao terletak di Kelurahan Leato Utara, Kecamatan Dumbo Raya, Gorontalo. Pantai ini terbilang masih baru dan bisa menjadi referensi obyek wisata untuk menikmati suasana bersama keluarga atau komunitas Anda.

Untuk dapat menikmati pantai Tamandao, Anda tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis. Namun jika Anda membawa kendaraan pribadi, cukup membayar parkir di sekitar Pantai Tamandao.

Demikian rekomendasi Tempat Wisata di Gorontalo untuk Liburan akhir pekan bersama keluarga, semoga informasnya bisa bermanfaat untuk kita semua, Terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here