Home Tempat Wisata Tempat Wisata Singkawang Kalimantan yang Menarik untuk di Kunjungi

Tempat Wisata Singkawang Kalimantan yang Menarik untuk di Kunjungi

Tempat Wisata Singkawang Kalimantan yang Menarik untuk di Kunjungi
Tempat Wisata Singkawang Kalimantan yang Menarik untuk di Kunjungi

Sam Traveler – Tempat Wisata Singkawang Kalimantan yang Menarik untuk di Kunjungi ini memiliki daya tariknya tersendiri. Di sini, traveler bisa menikmati panorama alam yang indah berupa pantai, pulau, hingga wisata budaya.

Singkawang adalah salah satu kota yang ada di Kalimantan Barat. Dari Kota Pontianak, Singkawang terletak sekitar 145 km ke utara atau kurang lebih 3,5 jam berkendara.

Nama Singkawang, konon berasal dari kata “San Kew Jong” yang artinya kota yang terletak di antara laut, muara, gunung, dan sungai.

Hal ini karena Kota Singkawang berbatasan dengan Laut Natuna pada bagian barat dan berbatasan dengan Gunung Roban, Pasi, Raya, Gunung Poteng, dan Sakok.

Topografi Singkawang yang unik tersebut, ditambah dengan budaya dan sejarahnya yang menarik, membuat kota ini sangat menarik untuk dijelajah. Singkawang pun dikenal dengan banyak sebutan mulai dari Kota Amoi, Kota Seribu Kelenteng, hingga Hongkong Van Borneo.

Sekilas Fakta Unik Tentang Singkawang

Dilansir dari laman resmi Pemerintah Kota Singkawang, disebutkan bahwa pendirian Kota Singkawang berasal dari keberadaan orang-orang Tionghoa di masa lalu.

Desa Singkawang awalnya merupakan bagian dari wilayah kesultanan Sambas. Kala itu, desa ini kerap dijadikan persinggahanaa oleh para pedagang dan penambang emas yang berasal dari negeri China.

Orang-orang China ini menyebut desa tersebut dengan “San Keuw Jong” (bahasa Hakka). Mereka menganggap bahwa secara geografis Singkawang berbatasan dengan laut Natuna serta terdapat pegunungan dan sungai yang airnya mengalir dari gunung ke muara lau.

Melihat perkembagan Singkawang yang terus maju, banyak di antara orang-orang China tersebut akhirnya berpindah dan menetap di Singkawang. Mereka pun beralih profesi menjadi petani dan pedagang di Singkawang ini.

Kota Singkawang dari dulu dikenal memiliki kerukunan antar umat beragama yang sangat tinggi. Penduduknya yang mayoritas orang Tionghoa, Dayak dan Melayu, hidup rukun dan berdampingan dengan damai.

Hingga pada tahun 2018, kota ini pun mendapatkan penghargaan sebagai kota paling toleran di Indonesia. Salah satu bentuk tingginya tingkat toleransi tersebut adalah keberadaan Vihara Tri Dharma Bumi Raya yang berusia 200 tahun berseberangan dengan Mesjid Raya yang juga sudah berdiri sejak tahun 1885.

Semua hal inilah menjadikan Singkawang sebagai kota dengan potensi wisata alam, budaya, dan sejarah yang menarik untuk dikunjungi.

Berikut ini 13 daftar wisata singkawang yang rekomendasi untuk dikunjungi.

1. Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang adalah salah satu ikon pariwisata kota Singkawang sekaligus objek wisata andalan di Kalimantan Barat. Pantai ini juga telah dikembangkan menjadi kawasan wisata terpadu bernama Taman Pasir Panjang Indah (TPPI).

Disebut pantai pasir panjang lantaran garis pantainya memanjang lengkung mengitari bibir laut. Pasir pantainya terhampar luas dan bersih cocok untuk berbagai aktivitas.

Daya tarik utama dari pantai ini adalah panorama laut Natuna yang biru. Sementara dari kejauhan juga terlihat beberapa pulau seperti Lemukutan, Pulau Kabung dan Pulau Randayan.

Menjelang senja pantai pasir panjang akan menyuguhkan pesona pemandangan sunset yang menawan. Tak heran, Pada sore hari pengunjung biasanya semakin ramai.

Pantai Pasir panjang ini terletak di Kecamatan Tujuh Belas, Kota Singkawan, Kalimantan Barat. Dari pusat kota Singkawang pantai ini berjarak 17 kilometer atau bisa ditemuh hanya sekitar 20 menit berkendara.

Untuk masuk ke kawasan pantai ini, pengunjung cukup membayar tiket masuk sejumlah Rp 20.000 per orang. Di area pantai juga terdapat berbagai fasilitas seperti persewaan speed boat, sepeda air, gokart hingga warung-warung kecil, resto dan cafe.

2. Pantai Batu Burung

Pantai Batu Burung juga menjadi salah satu destinasi wisata favorit yang ada di Singkawang. Pantai ini pun tak pernah sepi pengunjung terutama di akhir pekan.

Keindahan panorama alam di pantai ini tak perlu diragukan lagu. Dari pinggir pantai ini, pengunjung akan menyaksikan pemandangan birunya air laut dihiasi oleh hijaunya nyiur melambai.

Selain itu, yang berbeda dari pantai ini adalah adanya berbagai batu granit yang berserakan di pinggir pantai. Sementara di bagian tengah terdapat jembatan yang menghubungkan antar bebatuan. Spot ini menjadi favorit banyak pengunjung untuk berfoto mengabadikan momen.

Untuk mengunjungi pantai Batu Burung ini bisa dijangkau dengan mudah. Hanya butuh 10-15 menit perjalanan dari simpang jembatang sedau dan jalan malindo.

3. Pantai Kura-kura

Rekomendasi wisata singkawang berikutnya adalah Pantai Kura-kura. Pantai ini terletak di Dusun Tanjung Gundul, Desa Karimunting, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan.

Lokasinya tak jauh dari Kota Singkawang, berbatasan dengan Kota Bengkayang. Untuk menjangkaunya pun cukup mudah, pasalnya akses jalan di lokasi ini sudah bagus.

Dinamakan Pantai Kura-kura, sebab dulu terdapat banyak kawanan kura-kura sering bermunculan di pantai ini. Namun sekarang, kura-kura itu semakin jarang ditemukan.

Daya tarik utama dari Pantai Kura-kura ini adalah panorama alamnya yang indah dan natural. Di bibir pantai terdapat berbagai macam bebatuan yang terhambur secara alami.

Selain itu, hadirnya bukit-bukit yang berjejer disekeliling pantai juga menjadi daya tarik tersendiri. Dari atas bukit ini pengujung bisa menikmati panorama pantai yang indah nan luas.

4. Tanjung Bajau

Tanjung bajau adalah salah satu tempat wisata Singkawang yang juga populer. Tempat wisata ini menyuguhkan pemandangan pantai dan beberapa wahana menarik.

Ombak di Pantai Tanjung Bajau ini terbilang cukup kecil. Karena itu aman bagi anak-anak yang ingin bermain air di pinggir pantai.

Selain berenang dan bermain air di pantai, pengunjung juga dimanjakan dengan hadirnya berbagai wahana seperti banana boat, sepeda air hingga wahana permainan fantasi seperti kora-kora, bom-bom car, bianglala, dan lain sebagainya.

Pantai Tanjung Bajau ini nampaknya dikelola cukup baik untuk menarik wisatawan. Ini terlihat dari hadirnya berbagai spot foto menarik seperti patung-patung hewan, hingga jembatan kayu dan gazebo untuk bersantai menikmati suasana pantai.

Untuk menuju ke Pantai Tanjung Bajau ini pengunjung bisa menempuh jalur pontianak-Singkawang. Pantai ini terletak di jalan raya Pasir Panjang, Kota singkawang.

5. Pulau Lemukutan

Pulau Lemukutan menjadi rekomendasi wisata Singkawang yang wajib dikunjungi selanjutnya. Pulau kecil ini juga disebut sebagai surga kecil di pesisir Kalimantan karena keindahannya.

Pulau Lemukutan adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kota Bengkayang, Kalimantan Barat. Perjalanan dari Kota Pontianak memakan waktu kurang lebih 3 jam kendaraan darat ditambah 1 jam perjalanan dengan kapal laut sederhana.

Meskipun cukup jauh, namun sepanjang perjalanan Anda akan disuguhkan dengan berbagai pemandangan alam Kalimantan yang elok dan menawan. Sehingga perjalanan tak akan terasa membosankan.

Daya tarik utama dari Pulau Lemukutan ini adalah air lautnya yang begitu jernih sebening kristal. Jernihnya air laut itu ditambah dengan pesona terumbu karang indah di bawah lautnya.

Pengunjung yang datang wajib hukumnya untuk diving maupun snorkeling. Di mana kamu bisa bercengkrama dengan berbagai biota bawah laut yang indah.

Jauh dari hingar bingar perkotaan, membuat Pulau Lemukutan ini menjadi tempat yang sangat cocok untuk healing. Keramahan penduduk setempatnya juga membuat kita menjadi semakin nyaman.

6. Pulau Simping

Pulau Simping Singkawang dinyatakan sebagai pulau terkecil di dunia. Pulau ini terletak di kawasan pantai Teluk Mak Jantu, Singkawang.

Jarak dari pusat Kota Singkawang hanya sekitar 20 menit perjalanan. Pantai Teluk Mak Jantu ini adalah pintu masuk menuju pulau Simping tersebut.

Meskipun kecil, Pulau Simping ini menawarkan pemandangan alam yang begitu indah. Lokasinya yang belum terjamah membuat pulau ini begitu terjaga keasriannya.

Ombaknya yang cukup tenang membuat pengunjung bisa beraktivitas di pinggir pantai dengan aman. Hamparan pasir putih yang lembut serta pepohonan hijau yang rindah juga menambah suasana asri dan nyaman di pulau ini.

7. Sinka Island Park

Sinka Island Park adalah satu tempat wisata yang memiliki 3 pesona wisata di dalamnya. Yakni wisata kebun binatang, wisata pantai, dan juga pulau kecil simping.

Wisata Singka Islan Park ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit masyarakat Kalimantan Barat. Hal ini lantaran tempat wisata ini termasuk komplit untuk liburan sekeluarga.

Di dalam Sinka Islan Park ini terdapat kolam renang, pantai, taman hijau, gazebo, dan lain sebagainya. Selain itu pengunjung juga bisa menikmati pemandangan indah dari pantai Bajau yang menawan.

Sementara Sinka Zoo, adalah kebun binatang satu-satunya yang ada di Kalimantan Barat. Di sini pengunjung bisa melihat berbagai koleksi satwa seperti rusa, kerbau albino, harimau, singa, gajah, jerapah burung kakak tua, dan lain sebagainya.

8. Pantai Samudra

Salah satu pantai indah yang masuk daftar wisata Singkawang yang menarik selanjutnya adalah Pantai Samudra. Kecantikan pantai ini sudah tidak diragukan lagi.

Hamparan pasir putih yang membentang luas, menyatu dengan jernih dan birunya air laut. Tak heran pantai ini selalu jadi incaran para wisatawan untuk dikunjungi.

Selain itu terdapat barbagai gazebo-gazebo kecil yang bisa dijadikan tempat bersantai sambil menikmati panorama alam yang indah. Sangat cocok untuk berfoto dan berselfie untuk dibagikan di media sosial.

Bagi pemburu sunset, jangan sampai ketinggalan di pantai ini. Semburat jingga di langit menjelang senja dijamin tak akan pernah mengecewakan mata.

Lokasi pantai Samudra Indah ini berada di Karimunting, Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Bsat kota Singkawang bisa ditempuh dengan perjalanan selama 30 menit berkendar.

9. Danau Biru Singkawang

Selain pantai, Singkawang punya satu lagi menu wisata alam yang tak kalah indah. Namanya adalah Danau Biru Singkawang.

Danau ini terletak di Jalan Wonosari, Roban, Kota Singkawang. Meski sedikit di pelosok, namun tempat ini menjadi salah satu tujuan wisata favorit masyarakat Singkawang, Kalimantan Barat.

Akses menuju surga kecil ini terbilang tidak mudah. Pasalnya pengunjung perlu melalui jalan berdebu dan berpasir untuk sampai di sini.

Belum lagi, lokasinya yang terpencil membuat tidak ada kendaraan umum ke daerah ini. Karena itu Anda perlu menggunakan kendaraan pribadi untuk menjangkaunya.

Namun begitu, semua itu akan terbayarkan sesampainya di lokasi. Cantiknya pemandangan air danau yang berwarna biru, berpadu dengan hijau pepohonan di sekitarnya, menjadi sebuah lukisan alam yang magis.

Danau biru ini, sebenarnya lahir dari bekas galian tambang emas di masa lalu. Galian tersebut lama kelamaan terisi air dan menjadi danau seperti sekarang.

Meski cantik dan menawan, tak disarankan bagi pengunjung untuk melakukan kegiatan apa-apa di tempat ini. Sebab diduga air di danau ini terkontaminasi dengan berbagai bahan kimia yang berbahaya bagi manusia.

10. Hutan Mangrove Setapuk

Daftar tempat Wisata Singkawang juga diwarnai dengan hadirnya hutan mangrove. Kawasan hutan mangrove ini pun menawarkan pengalaman berwisata yang tak boleh terlewatkan.

Wisata Hutan Mangrove Setapuk ini biasa juga disebut Singkawang Mangrove Park, terletak di Kelurahan Setapuk Besar, Kecamatan Singkawang Utara.

Seperti kawasan hutan mangrove pada umumnya, tempat ini menawarkan pemandangan alam konservasi hutan bakau dan juga lautan yang luas.

Pengunjung bisa menyusuri jembatan setapak dari kayu untuk menikmati suasana sejuk di tempat ini. Jangan lupa juga untuk mengabadikan setiap momen melalui mata kamera.

Selain itu, meski sederhana fasilitas di tempat ini terbilang cukup lengkap. Seperti tempat duduk, tempat sampah hingga kantin.

Dan satu hal yang tak boleh dilewatkan ketika berada di Hutan Mangrove Setapuk ini adalah Sunset. Atraksi matahari tenggelam di kawasan ini juga begitu indah dan memanjakan mata.

11. Vihara Tri Dharma Bumi Raya

Singkawang dikenal sebagai kota seribu kelenteng. Hal ini tak lepas dari sejarah panjang kota singkawang dengan para pendatang dari etnis Tionghoa.

Vihara Tri Dharma Bumi Raya ini adalah salah satu vihara atau kelenteng tertua di Singkawang. Konon vihara ini sudah ada sejak tahun 1878.

Kini vihara ini menjadi salah satu ikon utama Kota Singkawang. Karena itu banyak pengunjung yang datang ke vihara ini untuk berwisata.

Sesuai namanya, vihara ini digunakan oleh 3 agama yakni Buddha, Tao, dan Konghucu untuk berbidah. Hal ini menunjukkan bahwa toleransi keberagamaan di kota ini memang sangat tinggi.

Lokasi Vihara Tri Dharma ini terletak di Jalan Kelurahan Melayu, Kecamatan Singkawang Barat. Berada di pusat kota, membuat pengunjung sangat mudah mengunjungi vihara ini.

12. Pasar Hongkong

Sebagai kota yang kental dengan orang-orang Tionghoa, Singkawang memang menawarkan berbagai hal unik dan menarik. Salah satunya adalah Pasar Hongkong yang ada di Jalan Setia Budi, Singkawang.

Disebut Pasar Hongkong karena pasar ini memang sangat mirip dengan pasar yang ada di Hongkong. Baik dari para pedagang yang merupakan orang Tionghoa, hingga aneka barang dan kuliner yang dijajakan.

Pasar Hongkong ini biasanya menjadi tempat penutup dan melepas lelah bagi para wisatawan di Singkawang. Setelah mengunjungi berbagai objek wisata, Pasar Hongkong ini menjadi tujuan untuk berwisata kuliner dan berbelanja oleh-oleh.

Ada berbagai kuliner khas Tionghoa yang bisa Anda cicipi di sini. Seperti bakmie, kwetiau, choi pan, cap cay, bakso, martabak dan chinese food lainnya.

13. Taman Gunung Sari

Sebelum beranjak, ada satu lagi wisata Singkawang yang juga menarik untuk dikunjungi. Wisata itu adalah Taman Gunung Sari.

Lokasinya tak jauh dari pusat Kota Singkawang. Sehingga sangat mudah untuk ditemukan.

Taman ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk bersantai ataupun beraktivitas ringan seperti jogging. Ada juga spot-spot menarik yang bisa digunakan untuk hunting foto-foto keren.

Demikian informasi mengenai Tempat Wisata Singkawang Kalimantan yang Menarik untuk di Kunjungi saat sedang berada di singkawang, seoga bisa membantu dan memberikan pencerahan, Terimakasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here