BERBAGI
Wana Wisata Pokland Cianjur Dulu Ngehits Banget
Wana Wisata Pokland Cianjur Dulu Ngehits Banget

Sam Traveler – Cianjur punya wana wisata Pokland, yang menawarkan nuansa asri hutan pinus dengan beragam daya tarik termasuk spot-spot foto instagramable. Dulu ngehits, bagaimana kabarnya kini?

Wana wisata adalah tempat wisata alam dan buatan yang ada di daerah tertentu, yang dirawat khusus untuk kepentingan budaya dan pariwisata tanpa mengubah fungsi, sehingga bermanfaat bagi para pengunjung wisata.

Di Cianjur, ada wana wisata Pokland yang ditata dari kawasan hutan pinus di Desa Haurwangi, Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur. Lokasi wisata seluas 20 hektare yang diresmikan Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar pada 27 Januari 2017 ini sempat ngehits setelah dipublikasikan Perum Perhutani KPH Cianjur.

Kini popularitas wana wisata Pokland memang tak lagi seperti dulu. Tapi tempat ini tetap asyik dengan sejumlah daya tarik. Sebut saja spot “cinta” yang biasa dijadikan tempat foto-foto dengan pasangan. Selain itu, ada juga beberapa fasilitas lain seperti bumi perkemahan, rumah pohon, tempat bermain anak, dan museum tani.

  Pariwisata Thailand Terdampak Kabut Asap Industri

Menurut Ayi Juanda, pengelola Wana Wisata Pokland, dulunya pengunjung yang datang bisa ribuan orang dalam sepekan. Pada momen tertentu, terutama hari libur nasional atau libur panjang dan hari raya, ratusan pengunjung datang dalam sehari.

“Wana wisata ini menjadi primadona karena satu-satunya wana wisata di Cianjur yang menggunakan konsep wisata hutan pinus dengan banyak spot foto, istirahat, dan fasilitas,” ujar Ayi saat ditemui di Wana Wisata Pokland pada akhir pekan.

Namun, di awal tahun 2020 ini tingkat kunjungan wisatawan ke Pokland Cianjur terus menurun. Bahkan jumlah pengunjung yang datang hanya puluhan orang per hari.

“Alasannya karena saat ini banyak bermunculan tempat wisata baru yang objeknya sama. Kalau dulu waktu launching Pokland belum ada saingan, kecuali tempat wisata seperti kolam renang. Tapi sekarang hampir di setiap wilayah ada wisata dengan konsep serupa,” ucapnya.

Kendati begitu, lanjut Ayi, pihaknya tidak merasa tersaingi dengan keberadaan wisata serupa. Sebab Wana Wisata Pokland menjadi pelopor dan inspirasi bagi wana wisata perhutani lain.

  Pohon Kumquat Menghiasi Vietnam Saat Imlek

Untuk kembali mendongkrak tingkat pengunjung, rencananya pengelola Pokland akan menambahkan lagi wahana seperti kolam renang hingga gazebo Joko Widodo. Beberapa waktu lalu, Presiden RI Jokowi memang sempat datang untuk meninjau sekaligus menyerahkan dokumen agraria yang menjadi program pemerintah pusat. “Kami harap bisa ada peningkatan jumlah kunjungan dengan wahana yang baru.”

Warda Widya Pernanda (18), salah seorang pengunjung Pokland, berharap agar ada penambahan wana wisata di sana. Ia juga mengungkapkan bahwa Pokland adalah tempat yang cocok untuk bersantai bersama keluarga atau pasangan.

“Saya sering main ke sini (Pokland) karena ini adalah tempat yang memang bisa buat saya nyaman, tempatnya sejuk. Di Pokland ini juga banyak tempat untuk berfoto dengan latar belakang yang bagus,” katanya.

Tinggalkan Balasan