Wisata Alam di Jakarta dan Sekitarnya Terbaru

Sam Traveler - Wisata Alam di Jakarta dan Sekitarnya Terbaru

Sam Traveler – Tinggal di ibu kota dengan tujuan traveling Wisata Alam di Jakarta itu paling sulit di dapatkan, sebab sudah terlalu sedikit lahan yang bisa di gunakan karena rata-rata semua sudah menjadi pemukiman yang padat penduduknya.



Tapi Tenang saja, perburuan kamu mencari kesegaran alam di Jakarta dan sekitarnya sudah berakhir sekarang, kami siap memberikan rangkuman informasi tempat wisata bernuansa alam untuk kamu jadikan sebagai tempat pelarian dari kebosanan melihat gedung-gedung tinggi dan menghirup udara yang kurang segar.

Wisata Alam di Jakarta dan Sekitarnya Terbaru - Sam Traveler

Berikut daftar Wisata Alam di Jakarta tersebut:

Taman Suropati

Bersembunyi di kawasan elite Menteng, taman satu ini tampak asri dengan pepohonan dan begitu rapi karena berlantai paving block. Keindahan taman ini juga bertambah dengan banyak karya seni patung dari negara anggota PBB di Asia Tenggara. Saat siang dan sore hari, taman ini menjadi tempat bersantai penduduk ibu kota. Rata-rata pengunjung ke sini untuk bersantai, berfoto, atau berkuliner di pinggir jalan taman ini. Jika datang pada malam hari atau di akhir pekan, kamu bisa menikmati musik dari seniman yang kerap datang menghibur para pengunjung.

Hutan Kota Srengseng

Hutan yang berada di Jalan Haji Kelik ini merupakan “paru-paru kota” Jakarta Barat. Hutan Kota Srengseng memiliki lebih dari 4.000 pohon rindang dari sekitar 60 varietas. Di dalamnya, ada pula kawasan bermain anak, trek jogging, danau, dan pujasera sederhana. Danau di sini bisa digunakan untuk memancing ikan, sehingga cocok dijadikan tempat liburan singkat bersama keluarga. Sebagai sebuah hutan kota, tersedia cukup banyak fasilitas umum memadai, seperti lahan parkir, musala, dan toilet.

Hutan Mangrove PIK



Di tengah popularitas sebagai kawasan perumahan mewah, Pantai Indah Kapuk (PIK) ternyata menyimpan harta berupa tempat wisata alam bernama Hutan Mangrove. Hutan bakau tersebut berada di kawasan Taman Wisata Alam Angke Kapuk dan dikelola oleh Pemprov Jakarta. Sebagai sebuah destinasi ekowisata, Hutan Mangrove menyajikan lahan konservasi yang lengkap dengan fasilitas rekreasi.

Di sini, kamu bisa berkeliling hutan sambil berfoto dengan latar belakang pohon rindang atau lahan bakau yang cantik. Jika ingin menikmati pengalaman lebih seru, cobalah naik perahu dayung di danau untuk mengitari hutan. Bagi yang ingin lebih tinggal lama di sini, rumah kayu yang berada di atas air bisa kamu pilih sebagai akomodasi bermalam. Selain itu, kamu juga bisa menyewa perkemahan di hutan bakau ini.

Setu Babakan

Destinasi yang terletak di Jagakarsa, Jakarta Selatan ini merupakan perkampungan Betawi yang sudah resmi menjadi pusat pelestarian budaya asli Jakarta. Di sini, terdapat juga danau luas yang cantik sebagai tempat hidupnya berbagai tanaman buah dan sayur. Danau ini dinamakan Setu Babakan. Selain dapat menikmati keunikan budaya asli Betawi, pengunjung Setu Babakan juga bisa merasakan kesegaran alam dengan menaiki perahu angsa berkeliling danau. Sambil menikmati alam, pastikan kamu juga mencicipi beragam kuliner khas Betawi di sini.

Museum Tengah Kebun

Di Jl. Kemang Timur Raya, terdapat sebuah museum benda antik yang memiliki kebun hijau di bagian tengah bangunan. Memiliki lahan yang luas, taman hijau ini bisa langsung terlihat saat kamu masuk ke museum. Sambil melihat benda seni dan barang antik dari pelosok nusantara, Jepang, Eropa, dan China, kamu pun bisa bersantai di kebun hijau. Untuk berkunjung ke sini, kamu harus melakukan reservasi ke pihak museum dari jauh-jauh hari. Selain itu, kamu pun diharuskan membawa 7-10 orang dalam sekali kunjungan.

Taman Cattleya

Taman Cattleya merupakan “surga alami” yang berada tak jauh dari Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat. Berada persis di pusat hiruk pikuk kawasan Slipi, taman hijau ini menawarkan kesegaran dengan banyak pepohonan rindang dan beragam fasilitas. Di sini, kamu bisa berlari santai, bermain sepeda, atau sekadar duduk santai sambil berfoto bersama teman-teman. Pada bagian tengah taman, ada pula danau seperti di Hutan Kota Srengseng. Tak hanya itu, Taman Cattleya juga menyediakan area khusus untuk berolahraga dengan beragam alat pendukung. Sesekali berolahraga di taman hijau bisa jadi alternatif memulihkan kebugaran, sekaligus kesegaran tubuh dan pikiran.

Hutan Kota Tanah Tingal

Tanah Tingal dulunya adalah kebun pribadi miliki penduduk setempat. Pemilik tanah (Almarhum Bapak Boardiardjo) membebaskan fungsi lahan seluas sembilan hektar ini untuk dijadikan hutan kota. Hutan Kota Tanah Tingal bisa kamu temukan di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, tak jauh dari pintu keluar Tol Pondok Ranji. Sebagai sebuah hutan kota, Tanah Tingal merupakan tujuan wisata edukasi yang menyediakan beragam jenis rekreasi. Di sini, kamu bisa piknik di bawah pohon, berkemah, outbound, bahkan bermain sampan dan berenang. Tempat ini juga memiliki kawasan budidaya tanaman sendiri, serta danau buatan sebagai penampungan air hujan dan penyedia air bersih untuk kawasan sekitar.

Allianz Ecopark



Destinasi yang satu ini berada di kawasan wisata keluarga Taman Impian Jaya Ancol. Bekerja sama dengan Allianz, Ancol menyediakan lahan terbuka hijau seluas 34 hektar sebagai tempat rekreasi bergaya ramah lingkungan. Lahan yang dulunya adalah Padang Golf Jaya Ancol itu, kini menjadi taman terbuka yang terbagi dalam beberapa zona. Di sini, pengunjung bisa bersepeda atau berlari keliling taman, berwisata kuliner, bermain kano, bermain outbound, belajar memanah, maupun belajar mengenal lingkungan di Rumah Energi, Rumah Lebah, dan Faunaland.

Pantai Festival

Masih di kawasan Ancol, destinasi alam berikutnya adalah Pantai Festival. Sejak dibukanya Taman Impian Jaya Ancol pada tahun 1966, pantai ini sudah menjadi destinasi pelesiran keluarga ibu kota yang rindu akan sentuhan alam bahari. Pantai Festival terkenal akan suasana pantainya yang tenang dan jajaran kapal nelayan berlatar belakang bangunan pencakar langit. Pengunjung biasanya ke sini untuk berenang, bersepeda, berwisata kuliner, atau sekadar berjalan kaki di atas jembatan dermaga.

Kepulauan Seribu

Bicara soal destinasi wisata alam di Jakarta, tentu Kepulauan Seribu tak boleh dilewatkan. Kepulauan ini adalah destinasi wisata bahari terbaik di Jakarta. Dari sebelas pulau kecil yang ada dalam gugus kepulauan ini, banyak di antaranya yang menjadi “pulau wisata”. Jika kamu punya bujet berlebih, cobalah wisata bahari di Pulau Bidadari dan Pulau Putri. Sementara bagi kamu yang bujetnya cukup, bisa kunjungi Pulau Tidung, Pulau Pramuka, atau Pulau Untung Jawa.

Twin House

Twin House adalah sebuah restoran mungil dengan taman hijau yang tersembunyi dalam gang di kawasan Cipete Raya, Jakarta Selatan. Restoran yang menyediakan menu Western dan Indonesia ini menawarkan konsep restoran bergaya piknik di halaman rumah. Kamu bisa mengajak keluarga atau teman untuk menyantap makanan lezat di atas bean bag, selagi menikmati sejuknya pemandangan hijau sekitar. Kamu juga bisa membawa hewan peliharaan ke sini untuk mengajak bermain di halaman luas.

JimBARan Outdoor Lounge

Untuk yang ingin menyepi di tengah alam, kamu bisa datang ke JimBARan Outdoor Lounge. Tempat makan mewah ini berada di dalam Hotel Ayana Midplaza. Terinspirasi dari kesegaran tropis, JimBARan Outdoor Lounge menawarkan tempat makan dengan latar kayu dan rotan yang tersebar di tengah hutan tropis dan taman air. Walaupun membutuhkan bujet yang cukup besar, kamu bisa menikmati kesegaran alam di tengah kota sembari menyantap hidangan khas Meksiko dan ditemani alunan musik yang menenangkan.

Taman Hutan Kota Bekasi

Walaupun berada sedikit di luar kawasan Jakarta, Taman Hutan Kota Bekasi bisa menjadi alternatif wisata alam ibu kota. Taman yang terletak di kawasan Alun-alun Bekasi ini dipenuhi lebih dari 50 jenis pohon. Di kawasan terbuka hijau seluas 3.000 meter ini, ada pula area khusus penangkaran burung merpati dan kutilang. Selain cocok untuk bersantai, taman sekaligus hutan ini juga ramah anak karena memiliki arena bermain dan kolam ikan di tengah taman.

Studio Alam TVRI

Terletak di kawasan Depok, Studio Alam TVRI merupakan sebuah kawasan hijau dengan rerumputan, hutan pinus, dan danau buatan. Sebelumnya, taman ini dibangun untuk lokasi acara “Aku Cinta Indonesia”. Itulah mengapa studio ini memiliki 19 rumah adat nusantara.. Selain rumah adat, Studio Alam TVRI juga menjadi tempat pelestarian beberapa jenis satwa, seperti burung, serangga, reptil, kerbau, dan kuda. Kawasan yang terbuka untuk umum ini ramai didatangi orang untuk berpiknik atau sekadar bersantai bersama keluarga saat akhir pekan.

Tribeca Park

Terletak di kawasan Central Park Jakarta, Tribeca Park terlihat indah dengan tanaman hijau dan berbagai hiasan lampu yang menyala di malam hari. Pada saat-saat tertentu, seperti hari Natal, Hari Kemerdekaan Indonesia, dan Idul Fitri, taman ini akan dipercantik dengan dekorasi unik sesuai tema. Biasanya, pengunjung meramaikan taman dengan membawa serta anak-anak maupun anjing peliharaan.

Demikian informasi dan referensi tempat Wisata Alam di Jakarta yang bisa kamu kunjungi, jangan lupa berbagi pengalamannya di media sosial kamu yah. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: